Skip to content

Potensi Penggunaan Solar Cell di Indonesia

16/08/2009

sunshineSemakin besarnya kebutuhan masyarakat Indonesia akan energi baik dilingkungan keluarga sampai dengan  perindustrian, maka diperlukan suatu gagasan dimana bangsa kita dapat menghasilkan energi mandiri yang tentu sifatnya dapat diperbaharui. Perihal energi merupakan aspek yang sangat mempengaruhi pertumbuhan bangsa ini dibidang ekonomi, politik, sosial budaya, dan pertahanan & ketahanan sehingga pemerintah dituntut dapat melakukan eksplorasi dan eksploitasi potensi energi Indonesia dengan mandiri. Selama ini Indonesia lebih fokus melakukan eksplorasi dan eksploitasi yang terkandung di perut Ibu pertiwi seperti minyak, batu bara, dan gas bumi yang tentunya sifatnya tidak dapat diperbaharui dan akan habis suatu saat nanti.

Indonesia merupakan negara tropis dan juga dilewati garis khatulistiwa dimana kita dapat memanfaatkan sinar matahari secara maksimal sebagai sumber energi yang primer. Sinar matahari merupakan pancaran gelombang elektromagnet yang dapat serap dan dikonversi menjadi energi listrik. Di khatulistiwa, matahari berada tepat di atas kepala pada tengah hari dalam equinox sehingga sinar matahari yang kaya akan elektromagnet tersebut dapat dimanfaatkan.

Solar cell merupakan perangkat yang dapat melakukan konversi energi dari cahaya elektro magnet yang dipancarkan oleh matahari ke energi listrik dan kemudian dapat kita gunakan di kehidupan sehari-hari. Solar cell terdiri dari kumpulan bahan semi konduktor yang menyerap elektron dari sinar matahari, kemudian memaksimalkan foton, memperkecil refleksi dan remombinasi serta memperbesar konduktivitas dari bahannya.

Teknologi ini pertama kali digunakan untuk satelit diluar angkasa, dan kemudian dapat dimanfaatkan untuk energi pengganti bensin pada mobil (mobil tenaga surya), dan energi penerang dimalam hari di desa-desa terpencil. Dalam perkembangannya di Indonesia selain dapat dikembangkan melalui Pembangkit Listik Tenaga Surya, kita juga dapat menganti dinding maupun kaca yang terbuat dari solar cell di rumah-rumah penduduk dan gedung-gedung perkantoran dengan solar panel yang transparan sehingga kita dapat memanfaatkan energi yang dihasilkan dari bangunan kita sendiri. (Saut J Tambunan)

Rumah Huni yang menggunakan solar panel

Rumah Huni yang menggunakan solar panel

Taiwan Stadium yang 100% menggunakan solar cell untuk operasionalnya

Taiwan Stadium menggunakan 100% energi untuk operasionalnya dari solar panel

5 Komentar leave one →
  1. muhammad fathoni permalink
    02/11/2009 12:32 PM

    saya kagum sama kehebatan solar cell dan saya mau mengembangkannya melalui kampus saya dengan membuat suatu alat monitoring sstem kerja solar cell

  2. Tribudi Salim permalink
    26/06/2010 4:00 PM

    Om.. Saya copy paste data tentang cara membuat solar panel sederhananya yah.

  3. 27/02/2012 12:33 PM

    Hebat sekali, semoga indonesia bisa lebih baik dari taiwan kedepanya..:)

Trackbacks

  1. Membuat Solar Panel Sederhana « Kata Bang Saut
  2. Membuat Panel Surya Sederhana « Koendya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: