Skip to content

HUT 482 Kota yang ku Benci tapi Rindu

22/06/2009

Bermula dari muara Sungai Ciliwung lah Kota Jakarta berawal sekitar 500 tahun lalu. Saat itu pun hanya sebagai sebuah bandar kecil. Awalnya, Jakarta bernama Sunda Kelapa, lalu pada tahun 1527 berganti menjadi Jayakarta. Bahkan pada masa penjajahan Belanda sempat pula diubah namanya menjadi Batavia sampai akhirnya menjadi Jakarta hingga kini. Pembangunan kota Jakarta terus meningkat dari masa ke masa, gedung-gedung terus bermunculan dari tanah si pitung mencakar langit yang penuh dengan asap polusi kendaraan bermotor yang memenuhi jalan-jalan, dan warga sibuk mencari lahan untuk tidur sampai memenuhi pinggiran yang kini sudah sempit nan dangkal.

Kejar_Jakarta_by_definna

Kota Jakarta merupakan kota megapolitan yang seksi, orang-orang terpukau dengan keelokan tanah betawi kemudian berbondong-bondong untuk menghampiri kota impian ini, sampai- sampai penduduk aslinya pun tergeser ke sudut pinggiran tanahnya sendiri. Banyak harapan dan impian warga tergantung di Jakarta, aktivitas pemerintah dan bisnis global terpusat di Ibu kota negara ini. Mobilitas di Jakarta sanggat lah tinggi, sebelum ayam berkokok setiap warga bergegas untuk  segera bekerja dan beraktivitas.

Sebagai bukota negara yang merupakan pusat pemerintahan dan bisnis, Jakarta memiliki permasalahan yang begitu pelik, seperti belum meratanya kesejahteraan warga, ketidak teraturan tata kota, kemacetan, dan yang menjadi dilema kota ini yang setiap tahun menimbulkan kerugian adalah banjir. Upaya-upaya untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan tersebut telah dilakukan, seperti : pembangunan rumah susun untuk warga, proyek banjir kanal timur, sarana transportasi baru seperti busway dan mono rail yang kini sedang tersendat.  Dari yang telah diupayakan belum sepenuhnya menyelesaikan masalah kota Jakarta, masih perlu pembenahan disana-sini.

Senin, 22 Juni 2009 Jakarta akan bertambah umur menjadi 482, tentu bukan angka yang sedikit. Harapan saya dengan bertambahnya umur Jakarta dapat menyelesaikan permasalahan-permasalahan kota dengan cepat dan bijaksana bersama – sama dengan pemerintah kota dan warga kota yang mencintai kota ini.

DIRGAHAYU DKI JAKARTA ke- 482.

JAYA BATAVIA…!!!

JAYA IBU KOTA NEGARA…!!!

JAYA INDONESIA…!!!

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: