Skip to content

Perempuan Indonesia Yang Cerdas

24/02/2009

Menjelang Hari Perempuan sedunia izinkan saya memberikan gambaran tentang perempuan Indonesia. Bagaimana Potret perempuan Indonesia? Mungkin kita bisa banggakan R.A Kartini, Siti Hartinah Soeharto, Megawati Soekarno Putri, dan Sri Mulyani yang dapat membawa keberhasilan kaum perempuan di bidang ekonomi, politik dan sosial pada jamannya masing-masing. Ibu Kartini dengan perjuangannya untuk memajukan perempuan pribumi, dimana kondisi sosial saat itu perempuan pribumi berada pada status sosial yang rendah (emansipasi), Siti Hartinah Soeharto bersama Laskar Putri indonesia berjuang di garis belakang mempertahankan kemerdekaan dan juga melakukan berbagai macam pembangunan saat menjadi Ibu Negara (contoh : TMII), Megawati Soekarno Putri adalah Presiden wanita pertama di Indonesia, dan Sri Mulyani yang dapat dikatakan berhasil mempertahankan perekonomian negara dipemerintahan SBY-JK. Itu lah potret dari tokoh-tokoh perempuan Indonesia yang cerdas dari jaman ke jaman.

tokoh-perempuan-masa-ke-masa

Tokoh Perempuan Indonesia

Mereka adalah 4 tokoh perempuan Indonesia yang saya banggakan, perempuan-perempuan yang hebat nan cerdas mengisi kehidupannya bukan hanya seperti yang dikodratkan oleh Tuhan Yang Maha Esa, mereka dapat dikatakan sukses meraih dalam apa yang mereka cita-citakan dan mungkin belum tentu kaum laki-laki dapat melakukan hal-hal yang telah mereka lakukan.

Mari refleksikan peringatan hari perempuan sedunia dengan melihat keadaan para perempuan Indonesia yang lainnya, seperti Sumarni. Sumarni adalah seorang sosok perempuan yang berprofesi sebagai penambal ban, tukang ojek, dan juga pemain ludruk. Sungguh berat perjuang Sumarni untuk mensejahterakan keluarganya, memperjuangkan agar anak-anaknya dapat makan makanan yang sehat dan bersekolah yang setinggi-tingginya. Dari kelemah-lembutan seorang Sumarni ada semangat untuk tidak menyerah dalam keadaan yang menghimpit dia dan keluarganya sampai dia rela melakukan pekerjaan yang dilakukan oleh kaum laki-laki, di tambah lagi pekerjaan yang digeluti oleh Sumarni adalah pekerjaan keras. Sungguh kontras jika kita bandingkan dengan perempuan perkotaan yang mungkin memasak pun tak bisa. Seorang Sumarni dengan bangga melakukan apa yang dia bisa perbuat, dia tidak takut tangannya kasar, tidak takut sinar matahari yang menusuk kulit, semuanya terkalahkan oleh semangat perjuangan untuk keluar dari kesusahan.

Suwarni

Suwarni - Tukang Tambal Ban, Ojek, dan Pemain Ludruk

Jaya selalu perempuan Indonesia berjuanglah dengan senantiasa bersyukur, Sadar diri, Jiwa Misioner, Peduli dengan orang lain, berhati-hati, Sabar, dan selalu Setia. Karena saya yakin perempuan Indonesia memiliki pengaruh besar dalam setiap kehidupan sosial, berbangsa dan bernegara. Perempuan Indonesia memiliki peranan dan keterlibatan yang nyata dalam majunya sebuah keluarga dalam lingkup kecil dan Negara dalam lingkup besar.

MAJU TERUS PEREMPUAN INDONESIA….!!!

Oleh : Saut J Tambunan (8 Maret 2009)

One Comment leave one →
  1. muhaimin permalink
    27/01/2010 1:16 PM

    saya sangat senang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: